Select Page

Pembangunan Desa Wisata merupakan salah satu program Pemkot Samarinda. Desa Wisata yang pengembangannya berasal dari pemberdayaan masyarakat samarinda dalam kegiatan “Jeng Rinda “. Berdasarkan surat edaran walikota samarinda No 660/1779/100.14 yang menjadi dasar dijalankannya Program “Jeng Rinda”  (Jelantah Membangun Samarinda).

Program “Jeng Rinda” memiliki tujuan pemanfaatan kembali minyak jelantah yang sudah tidak terpakai. Jelantah yang dibuang akan merusak kualitas air karena adanya sifat kimiawi yang mengikat. jika minyak dibuang ke sungai atau ke tanah tentu akan berdampak tidak baik terhadap lingkungan.

Pengelolaan jeng rinda di umkt diamanatkan kepada tim HPU Olah Bebaya yang di Ketua oleh Ibu Sri Sunarti, M.PH.

HPU Olah Bebaya diundang dalam rapat koordinasi bersama Walikota Samarinda tentang rencana pengembangan kampung wisata “Jeng Rinda” tingkat Kecamatan Dan Kelurahan pada tanggal  tgl 23 November 2021 yang di wakili oleh Ketua HPU Olah Bebaya Ibu Sri Sunarti M.PH.

Senin, 20 Desember 2021 HPU Olah Bebaya bekerjasama dengan PT Garuda Sinar Perkasa Grup untuk melaksanakan kegiatan “Jeng Rinda” di UMKT untuk warga umkt dan kedepannya akan di buka untuk umum. Program “Jeng Rinda” di UMKT akan dilaksanakan dalam bentuk sedekah bersama oleh seluruh civitas akademika yang ada di UMKT.